Karni Lestari, . (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FLIPBOOK PADA PEMBELAJARAN MENGALAMI, INTERAKSI, KOMUNIKASI, DAN REFLEKSI (MIKIR) DALAM PENINGKATAN LITERASI SAINS MATA PELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN TEGA. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
Danu W_Cover-BAB III - Danu Wiyoto.pdf Download (4MB) |
|
Text
Danu W_BAB IV-V - Danu Wiyoto.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Daftar Pustaka_Lampiran - Danu Wiyoto.pdf Download (2MB) |
Abstract
Lestari, Karni, 2023. “Pengembangan Bahan Ajar Flipbook Pada Pembelajaran Mengalami, Interaksi, Komunikasi, Dan Refleksi (Mikir) Dalam Peningkatan Literasi Sains Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar di Kabupaten Tegal”. Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum, Pembimbing II Dr. Muntoha Nasucha, M.Pd. Kata Kunci: Bahan ajar, Pembelajaran MIKIR, Literasi Sains Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan strategi pengembangan bahan ajar flipbook pada pembelajaran MIKIR dalam meningkatkan literasi sains, 2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran IPA kelas V dengan strategi pengembangan bahan ajar flipbook pada pembelajaran MIKIR dalam meningkatkan literasi sains 3) mendeskripsikan keefektifan bahan ajar flipbook pada pembelajaran MIKIR dalam meningkatkan literasi sains. Pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan model ADDIE (Analiysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian diawali dengan analisis kebutuhan, membuat desain bahan ajar flipbook, kemudian melakukan pengembangan bahan ajar flipbook pada pembelajaran MIKIR, selanjutnya melakukan validasi oleh ahli, merevisi produk, setelah itu melakukan uji coba terbatas (mengimplementasikan) bahan ajar flipbook pada responden yang sudah ditentukan. Total nilai rata-rata hasil validasi dari ahli materi dan media memperlihatkan bahan ajar flipbook sangat layak dipakai dengan perolehan persentase rata-rata 91%. Keefektifan bahan ajar flipbook dalam meningkatkan literasi sanis siswa dikatakan efektif. Hal ini ditunjukkan pada data peningkatan hasil perhitungan uji n-gain score menunjukkan bahwa nilai rata-rata (mean) n-gain score untuk kelas eksperimen adalah 60,71 atau 60,7%, termasuk dalam kategori Cukup Efektif dengan nilai n-gain score minimal 25% dan maksimal 100%. Sedangkan hasil perhitungan uji n-gain score menunjukkan bahwa nilai rata-rata (mean) n-gain score untuk kelas kontrol adalah 49,15 atau 49,2%, termasuk dalam kategori Kurang Efektif dengan nilai n-gain score minimal 30% dan maksimal 78%. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut, penggunaan bahan ajar flipbook cukup efektif untuk meningkatkan literasi sains peserta didik di SDN Kalisapu 04. Untuk itu perlu pengembangan bahan ajar flipbook dalam skala yang lebih luas agar tidak hanya mengukur kemampuan kognitif saja, namun dapat mencakup aspek afektif dan psikomotorik peserta didik.
Item Type: | Karya Ilmiah (Thesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pedagogi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 25 Jan 2024 02:38 |
Last Modified: | 29 May 2024 04:14 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8231 |
Actions (login required)
View Item |