TITIN WIDIASTUTI, . (2024) ANALISIS PENGARUH PARTISIPASI MGMP, SUPERVISI AKADEMIK, DAN BUDAYA ORGANISASI SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU IPS SMP NEGERI DI KABUPATEN TEGAL. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
COVER - BAB 3_TITIN WIDIASTUTI - Titin Widiastuti.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 4 - BAB 5_TITIN WIDIASTUTI - Titin Widiastuti.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN_TITIN WIDIASTUTI - Titin Widiastuti.pdf Download (7MB) |
Abstract
Titin Widiastuti, 2023. “Analisis Pengaruh Partisipasi MGMP, Supervisi Akademik, dan Budaya Organisasi Sekolah terhadap Kompetensi Pedagogik Guru IPS SMP Negeri di Kabupaten Tegal” Rendahnya kompetensi pedagogik guru akan berdampak pada aspek penalaran memiliki nilai terendah karena kemampuan penalaran yang tercermin melalui disiplin dalam memecahkan masalah. Kompetensi pedagogik guru penting untuk ditingkatkan, karena akan meningkatkan kompetensi profesionalisme guru dalam mengajar, karena dengan memiliki kompetensi pedagogik, maka guru memiliki kemampuan dalam mengatur materi pembelajaran yang akan disampaikan dengan baik kepada murid-muridnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis : 1) pengaruh partisipasi MGMP terhadap kompetensi pedagogik guru IPS, 2) pengaruh supervisi akademik terhadap kompetensi pedagogik guru IPS, 3) pengaruh budaya organisasi sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru IPS, 4) pengaruh partisipasi MGMP, supervisi akademik dan budaya organisasi sekolah secara bersama-sama terhadap kompetensi pedagogik guru IPS SMP Negeri di Kabupaten Tegal. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian mixed methods berfokus pada pengumpulan, penganalisisan dan pencampuran data kuantitatif dan kualitatif dalam suatu penelitian tunggal atau lanjutan. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh guru PNS IPS SMP Negeri di Kabupaten Tegal yang sudah bersertifikasi sejumlah 135 guru yang ada di 49 sekolah. Besarnya sampel ada dua kelompok untuk mempermudah perhitungan untuk sampel utama diambil 100 guru, dan ujicoba (tryout diambil 35 guru). Teknik pengumpulan data dalam penelitian in menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial diketahui bahwa 1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara partisipasi MGMP terhadap kompetensi pedagogik guru IPS dengan nilai signifikansi sebesar 0,033, nilai tersebut lebih kecil dari 0,05. Kemudian nilai t, diperoleh 2,163 kemudian dibadingkan dengan ttabel pada taraf signifikansi 5% df= N-2 = 100-2 = 98 diperoleh 1,984 sehingga thitung>ttabel 2,163>1,984. 2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara supervisi akademik terhadap kompetensi pedagogik guru IPS dengan signifikansi sebesar 0,024, nilai tersebut lebih kecil dari 0,05. Kemudian nilai thitung diperoleh 2,290 sehingga thitung>ttabel 2,290>1,984. 3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara budaya organisasi sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru IPS dengan nilai signifikansi sebesar 0,029, nilai tersebut lebih kecil dari 0,05. Kemudian nilai thitung diperoleh 2,222 sehingga thitung>ttabel 2,222>1,984. Dan secara simultan diperoleh bahwa Partisipasi MGMP (X1), Supervisi Akademik (X2) dan Budaya Organisasi Sekolah (X3) secara bersama-sama berpengaruh terhadap kompetensi pedagogik guru IPS SMP Negeri di Kabupaten Tegal, diketahui dari nilai signifikansi regresi berganda sebesar 0,001 dan nilai 0,001 lebih kecil dari 0,05. Kata kunci: Partisipasi MGMP, Supervisi Akademik, Budaya Organisasi Sekolah, Kompetensi Pedagogik
Item Type: | Karya Ilmiah (Thesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pedagogi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 02 Feb 2024 03:50 |
Last Modified: | 29 May 2024 02:26 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8264 |
Actions (login required)
View Item |