PENGARUH MINAT, GAYA, DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI MAN KOTA TEGAL

RINA PIRDAU SILJANNAH, . (2024) PENGARUH MINAT, GAYA, DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI MAN KOTA TEGAL. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI RINA BAB 1-3 - Rina firdausil Jannah.docx
Restricted to Repository staff only

Download (719kB)
[img] Text
SKRIPSI RINA BAB 4-5 - Rina firdausil Jannah.docx
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] Text
SKRIPSI RINA PUSTAKA-LAM - Rina firdausil Jannah.docx

Download (1MB)

Abstract

Pirdau Siljannah, Rina. 2024. Pengaruh Minat, Gaya, dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di MAN Kota Tegal. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Neni Hendaryati, M.Pd. Pembimbing II : Dr. Beni Habibi, M.Pd. Kata kunci: Minat, Gaya, Aktivitas Belajar, dan Hasil Belajar Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh minat, gaya, dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa secara parsial dan simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS MAN Kota Tegal. Pengambilan sampel menggunakan persamaan Slovin yang berjumlah 69 responden. Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) pengaruh minat berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di MAN Kota Tegal dengan tingkat pengaruh senilai 1,200 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. (2) pengaruh gaya berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di MAN Kota Tegal dengan tingkat pengaruh senilai 0,691 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. dan (3) pengaruh aktivitas belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di MAN Kota Tegal dengan tingkat pengaruh senilai 1,222 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil analisis koefisien determinasi bernilai 0,860 yang menunjukkan keseluruhan variansi Hasil Belajar dengan rerata 86,0%. Berdasarkan penelitian ini maka disarankan untuk siswa agar lebih meningkatkan lagi minat, gaya, dan aktivitas belajarnya sehingga memperoleh hasil belajar yang maksimal. Rekomendasi yang saya sampaikan adalah dengan memilih minat, gaya, dan aktivitas belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di MAN Kota Tegal.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 23 Apr 2024 04:24
Last Modified: 29 May 2024 03:25
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8763

Actions (login required)

View Item View Item