THE EFFECTIVENESS OF APPLYING PEER EDITING TECHNIQUES IN THE TEACHING OF WRITING RECOUNT TEXTS FOR EIGHTH GRADE STUDENTS IN SECONDARY SCHOOL

DEA NUR AZIZAH, . (2024) THE EFFECTIVENESS OF APPLYING PEER EDITING TECHNIQUES IN THE TEACHING OF WRITING RECOUNT TEXTS FOR EIGHTH GRADE STUDENTS IN SECONDARY SCHOOL. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Research Project_DeaNurAzizah-1-45- dea azizah.pdf.docx
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] Text
Research Project_DeaNurAzizah-46-69- dea azizah.pdf.docx
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] Text
RESEARCH PROJECT - DEAAYUPP (1)-81-116 - Deaayupp.pdf

Download (3MB)

Abstract

Azizah, Dea Nur. 2024. 1619500039. “Efektifitas Penerapan Teknik Peer Editing dalam Pengajaran Menulis Teks Recount untuk Siswa Kelas VIII di Sekolah Menengah (Penelitian Eksperimental di SMPN 11 Tegal Tahun Ajaran 2023/2024)” Proyek Penelitian. Program Strata I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal, Pembimbing Pertama adalah Dr. Yoga Prihatin, M.Pd. dan Pembimbing Kedua adalah Fajar Prihatini, M.Pd. Kata Kunci: Teknik Peer Editing, Keterampilan Menulis, Teks Recount Menulis adalah salah satu dari empat keterampilan berbahasa yang harus dipelajari siswa. Teknik peer editing sebagai salah satu alternatif pengajaran dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan menulisnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan Teknik Peer Editing untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks recount. Penelitian ini menggunakan metode True Experimental dengan desain Pretest – Posttest Control Group Design yang menggunakan Cluster Random Sampling. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa semester dua kelas delapan SMPN 11 Tegal. Sampelnya berjumlah 31 siswa untuk kelas eksperimen dan 31 siswa untuk kelas kontrol. Untuk mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan tes menulis sebagai instrumennya. Terdapat pre-test yang dilaksanakan sebelum diberikan perlakuan di kelas eksperimen, dan post-test yang dilaksanakan setelah diberikan perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan perbedaan yang signifikan antara dua kelas yang diajar dengan Teknik Peer Editing dan yang diajar tanpa Teknik Peer Editing. Berdasarkan hasil uji Independent Sample t-test diperoleh sig. Nilai (2-tailed) sebesar 0,000 lebih rendah dari 0,05 yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kedua kelas. Dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan terdapat pengaruh positif dari keterampilan menulis siswa dengan menggunakan Teknik Peer Editing dalam pengajaran menulis di Sekolah Menengah Pertama. Kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam penulisan cerita ulang dibandingkan dengan kelompok kontrol, khususnya dalam pengorganisasian, kejelasan, penggunaan kosa kata, dan kualitas secara keseluruhan. Menerapkan teknik penyuntingan sejawat secara signifikan meningkatkan keterampilan menulis cerita ulang dan pengalaman belajar siswa kelas delapan. Guru didorong untuk mengintegrasikan strategi ini ke dalam praktik pengajaran mereka, dan penelitian lebih lanjut dapat mengeksplorasi teknik optimal dan dampak jangka panjang.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 24 Apr 2024 04:01
Last Modified: 29 May 2024 03:48
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8825

Actions (login required)

View Item View Item