UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL TIME TOKEN ARENDS PADA SISWA KELAS VIII.D DI SMPN 4 LARANGAN – BREBES TAHUN PELAJARAN 2022 / 2023

SUMARJONO, . (2024) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL TIME TOKEN ARENDS PADA SISWA KELAS VIII.D DI SMPN 4 LARANGAN – BREBES TAHUN PELAJARAN 2022 / 2023. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI_COVER,BAB1-3 - Jon Sumar.docx
Restricted to Repository staff only

Download (708kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB4&5 - Jon Sumar.docx
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] Text
SKRIPSI DAFTAR PUSTAKA&LAMPIRAN - Jon Sumar.pdf

Download (5MB)

Abstract

SUMARJONO. 2024. Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Time Token Arends - Pada Siswa Kelas VIII.D Di SMPN 4 Larangan – Brebes Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Neni Hendaryati, M. Pd Pembimbing I : Dr. Dewi Apriani, Fr. MM Kata Kunci : Hasil Belajar IPS Melalui Model Time Token Arends Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatan hasil belajar, aktivitas mengajar guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar pada siswa kelas VIII,d melalui model Time Token Arends. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan model Time Token Arends yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari satu kali pertemuan. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa dengan jumlah 30 siswa yang terdiri atas 16 siswa putra dan 14 siswa putri kelas VIII.d. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi, teknik analisis data menggunakan analisis lembar tes dan analisis lembar observasi. Hasil penelitian aktivitas guru siklus I mendapat skor 3,38 dengan kategori baik dan siklus II mendapat skor 4 kategori baik sekali, aktivitas siswa siklus I mendapat skor 3,13 kategori baik dan siklus II mendapat skor 3,76 kategori baik sekali. Hasil belajar klasikal siswa siklus I 68,75% kategori cukup, dan pada siklus II 90,62% kategori baik sekali dan sudah melebihi batas minimal ketuntasan klasikal yang ditetapkan yaitu 70%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui model Time Token Arends dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siswa kelas VIII.d. Saran yang diberikan adalah model Time Token Arends bagi guru yaitu dapat meningkatkan aktivitas mengajar guru, dan bagi siswa dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa, serta bagi lembaga pendidikan atau sekolah dapat dikembangkan lebih lanjut. Sehingga model Time Token Arends menjadi baik, efektif dan efisien.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 24 Apr 2024 06:55
Last Modified: 29 May 2024 02:54
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8843

Actions (login required)

View Item View Item