PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 PANGKAH MELALUI METODE OUTING CLASS

pungki indriyani, . (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 PANGKAH MELALUI METODE OUTING CLASS. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Cover - BAB 3_Skripsi Pungki 2024 - pungki indrayani.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4 - 5_ Skripsi Pungki 2024 - pungki indrayani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (838kB)
[img] Text
DAPUS - Lampiran_Skripsi Pungki 2024 - pungki indrayani.pdf

Download (5MB)

Abstract

Indrayani, Pungki. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Pada Mata Pelajaran Ekonomi Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Pangkah Melalui Metode Outing Class. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. Dewi Apriani Fr., M.M Pembimbing II : Neni Hendaryati, M.Pd Kata kunci : Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL), keaktifan, hasil belajar, metode outing class. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran ekonomi terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik melalui metode outing class secara parsial dan simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X.7, X.8 dan X.9 di SMA Negeri 1 Pangkah. Pengambilan sampel menggunakan jenis Non-probability sampling dengan teknik Purposive sampling. Hasil penelitian menyatakan bahwa ada pengaruh yang kuat antara model pembelajaran PjBL terhadap keaktifan peserta didik yaitu dengan nilai signifikansi sebesar 0,022 (<0,05) dan dengan melalui metode outing class diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 (<0,05). Selanjutnya, diperoleh pengaruh yang kuat model pembelajaran PjBL terhadap hasil belajar peserta didik dengan nilai signifikansi sebesar 0,009 (0,05), dan dengan melalui metode outing class sebesar 0,313 (>0,05) yaitu tidak berpengaruh signifikan, selain itu, model pembelajaran PjBL terhadap hasil belajar melalui metode outing class dengan perhitungan analisis jalur membuktikan tidak terdapat pengaruh karena hasil menunjukkan pengaruh tidak langsung (-0,519) lebih kecil daripada pengaruh langsung (-0,251). Selain itu pengaruh yang kuat antara model pembelajaran PjBL terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik melalui metode outing class sebesar 0,000 (< 0,05). Saran penelitian ini kepada kepala sekolah supaya dapat menjadikan penelitian ini sebagai kebijakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, kepada pendidik sebagai alternatif dan referensi penerapan model pembelajaran sebagai upaya peningkatan keaktifan dan hasil belajar peserta didik, kepada peneliti selanjutnya dapat mengembangkan pada subjek dan mata pelajaran lain.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 02 Oct 2024 02:38
Last Modified: 02 Oct 2024 02:38
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9368

Actions (login required)

View Item View Item