DINI ARIANI, . (2024) PENERAPAN ASESMEN PEMBELAJARAN IPA BERDIFERENSIASI DI SEKOLAH PENGGERAK PADA ERA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR: STUDI INKUIRI NARATIF. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
COVER - BAB III - dini ariani.docx Download (3MB) |
|
Text
BAB IV - BAB V - dini ariani.docx Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN - dini ariani.pdf.docx Download (16MB) |
Abstract
ARIANI, DINI. 2024. PENERAPAN ASESMEN PEMBELAJARAN IPA BERDIFERENSIASI DI SEKOLAH PENGGERAK PADA ERA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR: STUDI INKUIRI NARATIF. Skripsi. Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Prof. Dr. Purwo Susongko, M.Pd Pembimbing II : Fahmi Fatkhomi, M.Pd Kata Kunci : Asesmen, Pembelajaran berdiferensiasi, IPA, Kurikulum merdeka belajar Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan asesmen pembelajaran IPA berdiferensiasi di Sekolah Penggerak pada era kurikulum merdeka belajar, penerapan asesmen pembelajaran IPA berdiferensiasi di Sekolah Penggerak pada era kurikulum merdeka belajar, media penyajian asesmen pembelajaran IPA berdiferensiasi di Sekolah Penggerak pada era kurikulum merdeka belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang membahas cerita dari pengalaman guru di SMP Negeri 1 Tegal terhadap penerapan asesmen pembelajaran IPA berdiferensiasi. Penelitian ini mengambil responden sebanyak 3 guru mata pelajaran IPA dan 9 peserta didik yang terdiri dari 3 peserta didik kelas VII, 3 peserta didik kelas VIII, serta 3 peserta didik kelas IX. Pada pengambilan data digunakan teknik observasi, wawancara, kuesioner dan studi dokumentasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa, guru selalu merencanakan asesmen sebelum memulai pembelajaran IPA berdiferensiasi. Perencanaan asesmen ini sudah direncanakan guru pada setiap modul ajar IPA. Semua guru dapat menerapkan asesmen sesuai dengan perencanaan. Meskipun dalam beberapa hal rencana asesmen guru tersebut dapat bersifat fleksibel. Bentuk implementasi dari asesmen dalam diferensiasi konten, proses, maupun produk dapat berupa asesmen lisan, tertulis, maupun proyek. Terdapat dua media penyajian asesmen yang biasanya digunakan guru dalam pembelajaran. Media tersebut yaitu melalui paper based dan digitalisasi asesmen. Saran dapat diberikan dengan dilakukannya penelitian lebih lanjut mengenai penerapan asesmen pembelajaran IPA berdiferensiasi.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 03:31 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 03:31 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9438 |
Actions (login required)
View Item |