TINDAK TUTUR DIREKTIF DAN EKSPRESIF DALAM DEBAT PERDANA CAWAPRES TAHUN 2024 SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

MAULIDATUL KHUSNA, . (2024) TINDAK TUTUR DIREKTIF DAN EKSPRESIF DALAM DEBAT PERDANA CAWAPRES TAHUN 2024 SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
BAB I-III - Maulidatul Khusna.docx

Download (777kB)
[img] Text
BAB IV-V - Maulidatul Khusna.docx
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN - Maulidatul Khusna.docx

Download (51kB)

Abstract

Khusna, Maulidatul. 2024. “Tindak Tutur Direktif dan Ekspresif dalam Debat Perdana Cawapres Tahun 2024 serta Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Syamsul Anwar, M.Pd. Pembimbing II : Dr. Khusnul Khotimah, M.Pd. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan: (1) jenis tindak tutur direktif dalam debat perdana cawapres tahun 2024, (2) mendeskripsikan jenis tindak tutur ekspresif dalam debat perdana cawapres tahun 2024, (3) mendeskripsikan implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pemerolehan data menggunakan metode simak dengan teknik lanjutan simak bebas libat cakap dan teknik catat. Data dianalisis menggunakan metode padan dengan teknik pilah unsur penentu, serta penyajian hasil analisis data menggunakan metode informal. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yakni ditemukan sebanyak 39 tindak tutur direktif dan 16 data tindak tutur ekspresif dalam debat perdana cawapres tahun 2024. Adapun data tersebut meliputi jenis tindak tutur direktif memohon 4 ujaran, tindak tutur direktif memerintah 28 ujaran, tindak tutur direktif menyarankan 6 ujaran, tindak tutur direktif menasihati 1 ujaran, tindak tutur ekspresif maaf 3 ujaran, tindak tutur ekspresif mengucap selamat 3 ujaran, tindak tutur ekspresif menyalahkan 5 ujaran, dan tindak tutur ekspresif memuji 5 ujaran. Hasil dari penelitian ini dapat diimplikasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas XI SMA pada materi ajar teks argumentasi fase F elemen membaca dan memirsa dengan tujuan pembelajaran mengidentifikasi kalimat fakta dan opini serta menemukan kalimat fakta dan opini. Kata kunci: tindak tutur, debat, implikasi.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 08 Oct 2024 03:04
Last Modified: 08 Oct 2024 03:04
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9510

Actions (login required)

View Item View Item