FANNISKA FITRIANI, . (2024) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL, KEPRIBADIAN GURU, DAN PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SMA NEGERI 1 PANGKAH. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
BAB 1-3 FANNISKA FITRIANI - Fanniska Fitriani.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 4-5 FANNISKA FITRIANI SKRIPSI - Fanniska Fitriani.pdf Restricted to Repository staff only Download (965kB) |
|
Text
DAPUS DAN LAMPIRAN FANNISKA FITRIANI - Fanniska Fitriani.pdf Download (5MB) |
Abstract
FITRIANI, FANNISKA. 2024. Pengaruh Kompetensi Profesional, Kepribadian Guru, Dan Pembentukan Karakter Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri 1 Pangkah. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. Dewi Apriani Fr., MM Pembimbing II : Dr. Beni Habibi, M.Pd Kata Kunci : Kompetensi Profesional Guru, Kompetensi Kepribadian Guru, Pembentukan Karakter Siswa, Hasil Belajar Permasalahan dalam penelitian ini yaitu guru kurang memiliki kompetensi profesional dan kepribadian, hal ini dilihat dari adanya guru yang mengajar tetapi tidak linier dengan latar belakang pendidikan yang dimiliki serta kurangnya ketegasan dalam menerapkan disiplin. Selain itu, karakter peserta didik juga kurang terbentuk. Akibatnya, hasil belajar siswa menjadi kurang optimal dan tidak memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Ekonomi SMA Negeri 1 Pangkah. 2) Mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Ekonomi SMA Negeri 1 Pangkah. 3) Mengetahui pengaruh pembentukan karakter siswa terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Ekonomi SMA Negeri 1 Pangkah. 4) Mengetahui pengaruh kompetensi profesional, kepribadian guru, dan pembentukan karakter siswa terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Ekonomi SMA Negeri 1 Pangkah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan penelitian korelasi asosiatif, karena dalam penelitian ini terdapat empat variabel yang berfungsi untuk menanyakan hubungan antara variabel tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pangkah yang berjumlah 108 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, dengan total sampel sebanyak 85 siswa. Hasil penelitian menyatakan bahwa kompetensi profesional guru memiliki pengaruh terhadap hasil belajar sebesar 87,1%. Kompetensi kepribadian guru memiliki pengaruh terhadap hasil belajar sebesar 76,6%. Pembentukan karakter siswa memiliki pengaruh terhadap hasil belajar sebesar 86,1%. Kompetensi profesional, kepribadian guru,
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 03:05 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 03:05 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9522 |
Actions (login required)
View Item |