PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MOBILE APPS MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN IPAS SMK

ANNISATUZ ZAHRO, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MOBILE APPS MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN IPAS SMK. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER SAMPAI BAB 3_ANNISATUZ ZAHRO_1820600002_P.IPA - Annisatuz Zahro.docx

Download (2MB)
[img] Text
BAB 4 DAN 5_ANNISATUZ ZAHRO_1820600002_P.IPA - Annisatuz Zahro.docx
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN _ANNISATUZ ZAHRO_1820600002_P.IPA - Annisatuz Zahro.pdf.docx

Download (8MB)

Abstract

Zahro, Annisatuz. 2024. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Mobile Apps Menggunakan Adobe Animate Pada Materi Pencemaran Lingkungan IPAS SMK. Skripsi. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Bayu Widiyanto, M.Si Pembimbing II : Fahmi Fatkhomi, M.Pd Kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif, Mobile Apps, Adobe Animate, Pencemaran Lingkungan. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah (1) mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis mobile apps menggunakan adobe animate pada pencemaran lingkungan IPAS SMK. (2) mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis mobile apps menggunakan adobe animate pada materi pencemaran lingkungan IPAS SMK. Jenis penelitian menggunakan Research and Development (RnD) dengan tahap 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), namun hanya dilakukan sampai tahap develop. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara yang dilakukan kepada 2 guru dan beberapa peserta didik, angket dibuat untuk validasi ahli media, ahli materi dan soal serta respon peserta didik, dokumentasi dan instrumen penilaian ditunjukan untuk instrumen validasi ahli media dengan 3 validator, validasi materi dan soal dengan 3 validator serta respon peserta didik pada uji skala terbatas dari jurusan TKJ sebanyak 21 responden dan skala luas dari jurusan TKR sebanyak 39 responden. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif melalui tahap reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pengembangan ini menyimpulkan bahwa (1) telah dikembangkan media pembelajaran interaktif berbasis mobile apps pada materi pencemaran lingkungan IPAS SMK melalui tahap define, design dan develop yang telah divalidasi oleh ahli dengan hasil sesuai dengan aspek dan kriteria yang telah ditentukan. (2) Kelayakan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis mobile apps menggunakan adobe animate pada materi pencemaran lingkungan IPAS SMK didapatkan hasil validasi ahli media 89,40%, dan hasil validasi ahli materi dan soal 91,60% yang dikategorikan sangat layak. Hal tersebut juga didukung dari hasil respon peserta didik yang didapatkan pada uji coba skala terbatas 90,2% dan uji coba skala luas 92% yang dikategorikan sangat menarik.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 11 Oct 2024 02:13
Last Modified: 11 Oct 2024 02:13
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9666

Actions (login required)

View Item View Item