PENGARUH LAYANAN RESPONSIF TERHADAP PENINGKATAN TATA KRAMA PERGAULAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA IHSANIYAH KOTA TEGAL

DIYAH RAHMAWATI, . (2024) PENGARUH LAYANAN RESPONSIF TERHADAP PENINGKATAN TATA KRAMA PERGAULAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA IHSANIYAH KOTA TEGAL. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Cover - Bab 3 Diyah Rahmawati(BK) - Diyah Rahmawati.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV - V Diyah rahmawati (BK) - Diyah Rahmawati.docx
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN Diyah rahmawati (BK) - Diyah Rahmawati.docx

Download (6MB)

Abstract

RAHMAWATI, DIYAH. 2024. Pengaruh Layanan Responsif Terhadap Peningkatan Tata Krama Pergaulan Peserta Didik Kelas XI SMA Ihsaniyah Kota Tegal. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Mulyani, M. Pd Pembimbing II : Dr. Maufur, M. Pd Kata Kunci : Layanan Responsif, tata krama pergaulan Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1. Mengetahui tata krama pergaulan peserta didik sebelum dilakukan layanan responsif. 2. Mengetahui tata krama pergaulan peserta didik sesudah dilakukan layanan responsif. 3. Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh layanan responsif terhadap peningkatan tata krama pergaulan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yakni menggunakan kelompok eksperimen dengan pemilihan peserta didik yang akan mengikuti layanaan atau treatment kategori yang tidak baik, memiliki tingkat pengetahuan tata krama yang rendah yang akan mendapatkan treatment khusus. Pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner serta dokumentasi. Analisis data menggununakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum melaksanakan layanan responsif, rata-rata hasil yang diperoleh yaitu 42,24%. Yang menunjukan tingkat pemahaman yang masih rendah.Namun setelah di berikan layanan treatment secara khusus menggunkan konseling kelompok dengan 3 kali pertemuan, terjadi perbedaan rata-rata yaitu memperoleh nilai 83,59%. Terbukti berpengaruh ada peningkatan nilai rata-rata sangat signifikan. Hal ini di dukung oleh hasil dari uji paired sample t-test dimana pada peserta didik yang diberikan layanan nilai signifikansi < 0,05 yang artinya hipotesis nihil di tolak dan hipotesis alternatif diterima, menunjukan bahwa layanan responsif dengan menggunakan konseling kelompok terbukti berpengaruh signifikan dapat meningkatkan pemahaman tentang tata krama pergaulan pada peserta didik kelas XI SMA Ihsaniyah Kota Tegal.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 11 Oct 2024 02:17
Last Modified: 11 Oct 2024 02:17
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9714

Actions (login required)

View Item View Item