“STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA KELOMPOK UMKM SARI LAUT DALAM UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK”

NUR FITRI AFPIYANI, . (2024) “STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA KELOMPOK UMKM SARI LAUT DALAM UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK”. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Cover - Bab IV - Fitri Afpiyani.docx

Download (2MB)
[img] Text
BAB V-VII - Fitri Afpiyani.docx
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Daftar Pustaka-1 - Fitri Afpiyani.docx

Download (1MB)

Abstract

Nur Fitri Afpiyani. 2220600044. STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA KELOMPOK UMKM SARI LAUT DALAM UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK. SKRIPSI. Pembimbing I : DiryoSuparto,S.Sos.,M.Si. Pembimbing II : Sarwo Edy, M.I.Kom. Program Studi IlmuKomunikasi. FakultasIlmu Sosial dan IlmuPolitik. Universitas Pancasakti Tegal. Munculnya media atau platform social untukberniagasecara online atau yang lebih familiar disebut e-commerce,yang menyebabkanadanyaperubahanpreferensikonsumen yang berdampak pada penjualanbagi UMKM kecilkhususnyakelompok UMKM Sari Laut.Tantangan yang munculialahuntukmempertahankanprodukmereka di pasaran dan meningkatkanangkapenjualanprodukdenganmenerapkan strategi komunikasipemasaran yang ada. Penelitianinimenggunakanmetodekualitatifdeskriptif, denganrumusanmasalahBagaimana strategi komunikasipemasaran yang digunakan oleh kelompok UMKM “Sari Laut” dalamupayapeningkatanpenjualanproduk. Dan tujuandaripenelitianiniuntukmengetahui strategi komunikasipemasaran yang digunakan oleh kelompok UMKM “Sari Laut” dalamupayapeningkatanpenjualanproduk. Teori yang digunakandalampenelitianiniialahteoriIntegrated Marketing Communication atauteoriKomunikasiPemasaranTerpadu yang dikembangkan oleh Bambang D. Prasetyo pada tahun 2018. Terdapattigainformandalampenelitianiniyaituinformankunci: ketuakelompok UMKM Sari Laut, informanutama: pemilikusaha yang tergabungdengankelompok UMKM Sari Laut, informanpendukung: reseller penjualanusaha yang menadiinformandalampenelitian. Hasil penelitianiniadalahkelompok UMKM sari lautbelumsepenuhnyamenerapkankomponen IMC yang ada pada teori Bambang D. Prasetyo. Namundaripenerapanbeberapakomponentersebutterdapatpeningkatanpresentasepenjualanpada masing-masing pemilikusaha. Kata Kunci: Strategi KomunikasiPemasaran, UMKM, IMC, KomunikasiPemasaranTerpadu.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 11 Oct 2024 02:19
Last Modified: 11 Oct 2024 02:19
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9740

Actions (login required)

View Item View Item