PENGARUH LAYANAN KLASIKAL DENGAN PENDEKATAN STORY TELLING THERAPY TERHADAP MORALITAS PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTs AL IKHLAS LOSARI TAHUN 2023/2024

ALDI CANDRA SAPUTRA, . (2024) PENGARUH LAYANAN KLASIKAL DENGAN PENDEKATAN STORY TELLING THERAPY TERHADAP MORALITAS PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTs AL IKHLAS LOSARI TAHUN 2023/2024. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
BAB 1-3 ALDI CANDRA SAPUTRA 1120600040 - aldi candra saputra.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4-5 ALDI CANDRA SAPUTRA 1120600040 - aldi candra saputra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (748kB)
[img] Text
DAPUS DAN LAMPIRAN ALDI CANDRA SAPUTRA 1120600040 - aldi candra saputra.pdf

Download (3MB)

Abstract

Saputra, Aldi Candra. 2024. Pengaruh Layanan Klasikal dengan Pendekatan Storytelling Therapy Terhadap Moralitas Peserta Didik Kelas VII di MTs Al Ikhlas Losari Tahun 2023/2024. Skripsi Program Studi Bimbingan Dan Konseling. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Mulyani M. Pd Pembimbing II : Dr. Suriswo M. Pd Kata Kunci : Layanan Klasikal, Storytelling Therapy, Moralitas Layanan klasikal memiliki peran penting dalam membentuk peserta didik yang “cerdas, unggul, dan bermoral”. Akan tetapi, pada kenyataannya, peneliti meninjau pada peserta didik di MTs Al Ikhlas Losari permasalahan moral masih sulit untuk diatasi. Peserta didik berkata kasar, bullying, merokok, membolos, bahkan pacaran yang tidak sehat masih banyak ditemui di MTs Al Ikhlas Losari. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui moralitas peserta didik kelas VII D sebelum dilakukan treatment, 2). Untuk mengetahui moralitas peserta didik kelas VII D setelah dilakukan treatmnet, 3). Untuk mengetahui pengaruh layanan klasikal dengan pendekatan storytelling therapy dalam mengurangi perilaku peserta didik suka berkata kasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis pre-eksperimental dengan teknik one group pre-test post-test design. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket kuisioner (skala likert), observasi (dengan mengamati peserta didik secara langsung maupun tidak langsung), dan dokumentasi (dengan melakukan foto bersama peserta didik). Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII yang berjumlah 161 peserta didik dengan mengambil sampel pada peserta didik kelas VII D yang berjumlah 40 peserta didik.Pengambilan sampel tersebut peneliti menggunakan jenis nonprobability dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini adalah: 1) Hasil pre-test menunjukkan peserta didik suka berkata kasar dengan nilai tinggi, 2) Hasil post-test menunjukkan adanya penurunan perilaku suka berkata kasar, 3) Hasil uji T adalah derajat kebebasan (dk) N-1, yaitu 40-1 = 39. Dengan taraf signifikansi 5% t tabel: 1, 68488 dan sig (2 tailed) = 0, 000 < 0, 05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 11 Oct 2024 02:19
Last Modified: 11 Oct 2024 02:19
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9743

Actions (login required)

View Item View Item