THE EFFECT OF VIDEO BLOGGING TO IMPROVE STUDENTS’ SPEAKING SKILL ON DESCRIPTIVE TEXT (An Experimental Research at Eleventh Grade of SMK PGRI 2 Taman in Academic Year 2023/2024) RESEARCH PROJECT Submitted as Partial Fulfilment of the Requirements for the Degree of Sarjana Pendidikan in English Education By NAUFAL RAFI SAPUTRA 1620600016 ENGLISH EDUCATION PROGRAM TEACHER TRAINING AND EDUCATION FACULTY PANCASAKTI UNIVERSITY TEGAL 2024

NAUFAL RAFI SAPUTRA, . (2024) THE EFFECT OF VIDEO BLOGGING TO IMPROVE STUDENTS’ SPEAKING SKILL ON DESCRIPTIVE TEXT (An Experimental Research at Eleventh Grade of SMK PGRI 2 Taman in Academic Year 2023/2024) RESEARCH PROJECT Submitted as Partial Fulfilment of the Requirements for the Degree of Sarjana Pendidikan in English Education By NAUFAL RAFI SAPUTRA 1620600016 ENGLISH EDUCATION PROGRAM TEACHER TRAINING AND EDUCATION FACULTY PANCASAKTI UNIVERSITY TEGAL 2024. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI_NAUFAL_COVER-BAB 3 - Naufal Saputra.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI_NAUFAL_BAB4-5 - Naufal Saputra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img] Text
SKRIPSI_NAUFAL_DAFTARPUSTAKA-LAMPIRAN - Naufal Saputra.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rafi Saputra, Naufal. 2024. 1620600012, “The Effect of Video Blogging to Improve Students’ Speaking Skill on Descriptive Text (An experimental research at eleventh Grade of SMK PGRI 2 Taman in Academic Year 2023/2024)” Proyek Penelitian. Program Strata I, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal, Pembimbing Pertama Dr. Yoga Prihatin, M.Pd dan Pembimbing Kedua N. L. Molla, M.Pd. Kata Kunci: video blogging, kemampuan berbicara, teks deskriptif, metode kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas video blog dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas 11 di SMK PGRI 2 Taman menggunakan metode kuantitatif. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test berbicara yang divalidasi oleh dosen pembimbing. Analisis data dilakukan dengan uji T menggunakan perangkat lunak IBM SPSS STATISTICS 25 untuk mengukur pengaruh video blogging. Berdasarkan analisis pada kuesioner video blogging dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap teks deskriptif dan membuat pembelajaran lebih menarik. Hal ini meningkatkan motivasi mereka untuk berbicara dalam bahasa Inggris, membantu mereka menilai dan memperbaiki keterampilan mereka. Selain itu, video blogging memperkuat keterampilan menulis dan kosa kata mereka. Video blog mudah digunakan, menawarkan pembelajaran yang fleksibel, dan meningkatkan kenyamanan serta kepercayaan diri siswa dalam bahasa Inggris. Mereka dapat melacak kemajuan mereka dan mendapatkan umpan balik dari guru, yang lebih memotivasi pembelajaran mereka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan media video blog dapat berdampak positif pada kemampuan berbicara siswa, sebagaimana dibuktikan oleh peningkatan skor rata-rata siswa. Skor rata-rata pre-test untuk siswa dalam kelompok eksperimen adalah 37,02, sementara skor rata-rata post-test meningkat menjadi 85,25. Dengan demikian, media video blog efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Kesimpulannya adalah bahwa video blog dapat menjadi media yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa mengintegrasikan video blogging ke dalam pengajaran bahasa dapat meningkatkan keterlibatan dan keterampilan siswa, memberikan wawasan yang berharga bagi para pendidik yang ingin mengintegrasikan teknologi ke dalam praktik pengajaran mereka

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 16 Oct 2024 02:18
Last Modified: 16 Oct 2024 02:18
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9811

Actions (login required)

View Item View Item