PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENYUSUN JURNAL PENYESUAIAN AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA BERORIENTASI KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIK BERMUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA UNTUK KELAS XII SMA

Muhamad Arifin, . (2024) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENYUSUN JURNAL PENYESUAIAN AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA BERORIENTASI KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIK BERMUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA UNTUK KELAS XII SMA. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Cover sampai bab 3 - Muhamad Arifin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Bab 4-5 - Muhamad Arifin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Daftar pustaka-lampiran_11zon - Muhamad Arifin.pdf

Download (9MB)

Abstract

Arifin, Muhamad. 2024. “Pengembangan Buku Pengayaan Menyusun Jurnal Penyesuaian Akuntansi Perusahaan Jasa Beorientasi Kemampuan Berpikir Analitik Bermuatan Profil Pelajar Pancasila Untuk Kelas XII SMA”. Tesis. Program Studi Mgister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Dewi Apriani, Fr., M.M, Pembimbing II Dr. Muntoha Nasucha, M.Pd. Kata Kunci : buku pengayaan, jurnal penyesuaian, berfikir analitik, profil pelajar Pancasila Pemahaman konsep merupakan keterampilan dasar penting yang harus diperoleh peserta didik ketika mempelajari akuntansi. Peserta didik yang memahami konsep ini dapat menerapkannya untuk memecahkan masalah sederhana maupun kompleks. Pendidik diharapkan mampu mengembangkan bahan ajar yang kreatif dalam pembelajaran. Di sisi lain jurnal penyesuaian masih menjadi bahasan yang dirasa sulit bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan prototipe buku pengayaan jurnal penyesuaian berorientasi berfikir analitik bermuatan profil pelajar pancasila. 1) Menganalisis kebutuhan peserta didik dan pendidik terhadap buku pengayaan menyusun jurnal penyesuaian berorientasi kemampuan berpikir analitik bermuatan profil pelajar Pancasila untuk kelas XII SMA. 2) Menyusun prototipe buku pengayaan menyusun jurnal penyesuaian berorientasi kemampuan berpikir analitik bermuatan profil pelajar Pancasila untuk kelas XII SMA. 3) Menjabarkan penilaian ahli mengenai prototipe buku pengayaan menyusun jurnal penyesuaian berorientasi kemampuan berpikir analitik bermuatan profil pelajar Pancasila untuk kelas XII SMA. Metode penelitian menggunakan jenis Research and Development (R&D) Borg & Gall dimana peneliti hanya melaksanakan sampai dengan tahap ke 5 yakni tahap revisi desain. Sumber data dalam penelitian ini terdiri atas tiga sumber yakni, sumber data kecenderungan kebutuhan buku, sumber data kecenderungan buku pengayaan yang dipilih, dan sumber skor penilaian kualitas produk. Sumber pertama dan kedua dilakukan pada peserta didik dan pendidik di SMA di kota Tegal. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 4 Tegal sejumlah dengan mengambil sampel 67 peserta didik. Pendidik diambil sampe 5 guru mata pelajaran ekonomi dari lima sekolah negeri di kota Tegal. Validasi buku pengayaan jurnal penyesuaian dilakukan oleh ahli materi pembelajaran ekonomi akuntansi, ahli buku pengayaan dan ahli Pancasila. Hasil uji validasi menunjukkan perolehan nilai pada isi materi memperoleh nilai rerata 92,9 dengan kategori sangat baik. Pada penyajian materi memperoleh rerata 90,1 dengan kategori sangat baik. Pada aspek berfikir analitik memperoleh rerata 91,7 Pada aspek grafika memperoleh rerata 90,9 dengan kategori sangat baik. Pada aspek kebahasaan memperoleh rerata 85 dengan kategori sangat baik. Pada kategori muatan profil pelajar Pancasila memperoleh rerata 100 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hal tersebut tersebut, secara keseluruhan penilaian oleh ahli diperoleh rerata 90,1 dengan kategori sangat baik dan layak digunakan.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 05 Nov 2024 01:45
Last Modified: 05 Nov 2024 01:45
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9920

Actions (login required)

View Item View Item