Triningsih, . (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN (PAKEM) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MEWUJUDKAN SEKOLAH UNGGULAN DI SDN SIWUNGKUK 01 BREBES. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
PDF Thesis September 2024 - Cover - Bab 3 R1 - Gunawan Sasongko.pdf Download (1MB) |
|
Text
Bab 4- Bab 5 - Gunawan Sasongko.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
|
Text
DAPUS - LAMPIRAN - Gunawan Sasongko.pdf Download (3MB) |
Abstract
Triningsih. 2024. “Implementasi Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (Pakem) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Mewujudkan Sekolah Unggulan di SDN Siwungkuk 01 Brebes ”. Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum. Pembimbing II Dr. Tri Mulyono, M.Pd. Kata kunci : Implemenetasi, model pembelajaran, PAKEM, PAI. . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran secara mendalam tentang implementasi, faktor pendukung dan penghambat serta upaya yang sudah dilakukan guru dalam pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk mewujudkan sekolah unggulan di SDN Siwungkuk 01 Brebes. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif, yaitu suatu metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah. dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan cara trianggulasi atau gabungan. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dokumentasi. analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran PAKEM di SD Negeri Siwungkuk 01 Brebes dilaksanakan dengan penggunaan metode pengajaran yang bervariatif dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode tersebut lebih mengedepankan keaktifan dan kerjasama dalam kelompok yang sangat memperhitungkan proses dan hasil, sehingga aspek kognitif, afektif serta psikomotorik siswa dapat berkembang secara terpadu, minat belajar siswa semakin meningkat dan juga meningkatkan kreativitas guru. Salah satu metode yang digunakan adalah metode diskusi kelompok kecil (Small Group Discussion). Melalui metode ini masing-masing kelompok seorang siswa dapat dengan bebas menyalurkan pemikiran mereka. Walaupun begitu masih terdapat beberapa hal yang menyebabkan pelaksanaannya berjalan kurang maksimal. Salah satunya kurangnya media pembelajaran Selain faktor media, keterbatasan waktu serta motivasi siswa tentunya menjadi kendala bagi setiap guru dalam semua proses pembelajaran. Upaya yang dilakukan guru, dalam implementasi model pembelajaran PAKEM mencakup perencanaan pelaksanaan dan evaluasinya. Dengan demikian Implementasi model pembelajaran model PAKEM pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Siwungkuk 01 Brebes sudah diterapkan dengan baik
Item Type: | Karya Ilmiah (Thesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pedagogi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 03:23 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 03:23 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9924 |
Actions (login required)
View Item |