PERAN EMPATI DAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNARUNGU DI KOTA TEGAL

AZIZAH, NUR (2025) PERAN EMPATI DAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNARUNGU DI KOTA TEGAL. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Skripsi Nur Azizah-1120600046 (COVERR Sampai BAB 3) - Nur Azizah.docx

Download (402kB)
[img] Text
Skripsi Nur Azizah-1120600046 (BAB 4 sampai BAB 5) - Nur Azizah.docx
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] Text
Skripsi Nur Azizah-1120600046 (Daftar Pustaka dan Lampiran) - Nur Azizah.docx

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Azizah, Nur 2025. Peran Empati dan Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu di Kota Tegal. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu. Pendidikan Universitas Pancasaskti Tegal. Dosen Pembimbing I : Dr. Rahmad Agung Nugraha, M.Si Dosen Pembimbing II : Renie Tri Herdiani, M.Pd Kata Kunci : Tunarungu, Empati, Dukungan Sosial Setiap orang tua mendambakan anak lahir sehat, tetapi tidak semua anak terlahir dengan sempurna. Anak berkebutuhan khusus (ABK) termasuk tunarungu, memerlukan perhatian khusus karena keterbatasan fisik atau psikologisnya. Dalam hal ini peran empati dan dukungan sosial dari orang tua sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang ABK tunarungu. Selain itu, masyarakat dan sekolah juga memiliki peran penting dalam meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan sosial anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran empati dan dukungan sosial pada anak berkebutuhan khusus terhadap stigma dari masyarakat. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, penelitian ini menggunakan 2 subjek utama (orang tua ABK tunarungu), dan 4 responden pendukung (guru dan Masyarakat sekitar). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orang tua berperan penting sebagai pendukung utama bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) tunarungu dengan memberikan empati, kasih sayang, komunikasi efektif, bantuan material, dan dukungan emosional. Selain itu, masyarakat dan sekolah turut membantu meningkatkan rasa percaya diri, harga diri, dan kemampuan sosial ABK tunarungu. Kolaborasi antara orang tua, masyarakat, dan sekolah menjadi kunci keberhasilan dalam mendukung kemandirian dan kepercayaan diri ABK tunarungu. Saran agar orang tua dan masyarakat maupun pihak lan tetap memberkan empati kepada anak berkebutuhan khusus tanpa terkecuali. ABSTRACT Azizah, Nur 2025. The Role of Parents' Empathy and Social Support for Deaf Children with Special Needs in Tegal City. Research Project. Guidance and Counseling Study Program. Faculty of Teacher Training and Science. Pancasakti Tegal University Education. Advisor I : Dr. Rahmad Agung Nugraha, M.Si Advisor II : Renie Tri Herdiani, M.Pd Keywords: Deaf, Empathy, Social Support Every parent wants their child to be born healthy, but not all children are born perfect. Children with special needs (ABK) including the deaf, require special attention because of their physical or psychological limitations. In this case, the role of empathy and social support from parents is very important to support the growth and development of deaf crew members. Apart from that, the community and schools also have an important role in increasing children's self-confidence and social abilities. This research aims to determine the role of empathy and social support for children with special needs against stigma from society. This research uses qualitative research, with data collection methods, namely observation, interviews and documentation. This research uses 2 main subjects (parents of deaf ABK), and 4 supporting respondents (teachers and the surrounding community). The results of this research show that parents play an important role as the main supporters for children with special needs (ABK) who are deaf by providing empathy, affection, effective communication, material assistance and emotional support. Apart from that, the community and schools also help increase the self-confidence, self-esteem and social skills of deaf crew members. Collaboration between parents, community and school is the key to success in supporting the independence and self-confidence of deaf crew members. Suggestions for parents, society and other parties continue to provide for to children with special needs without exception.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Handri . .
Date Deposited: 14 Apr 2025 01:09
Last Modified: 14 Apr 2025 01:09
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/10410

Actions (login required)

View Item View Item